Kata pembuka dari saya:

Blog ini saya buat dengan tujuan utama berbagi sedikit informasi akan dunia Investasi, tapi tentunya yang ada kaitannya dengan kegiatan saya dalam ber-Investasi, selamat menikmati dan semoga bermanfaat..........AMIEN.

Surabaya, 30 April 2011
PeaPeace

Selasa, 03 Mei 2011

Obrolan PortareFolium "030511"

Hari ini saya mengalami "sustain loss" (baca: http://portarefolium.blogspot.com/2011/05/jurnal-malam-030511.html )pertama sejak saya mulai menulis dalam BLOG ini, dalam kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit akan tujuan utama saya dalam ber-Investasi.

GAIN PROFIT/MENCETAK LABA
Bagi sebagian orang mungkin MENCETAK LABA adalah tujuan utama dalam ber-investasi. Namun bagi saya "mencetak laba" kurang tepat jika dijadikan sebagai tujuan utama, bahkan dari pengalaman yang saya peroleh selama ber-investasi keinginan untuk "mencetak laba" yang terlalu berlebihan sering kali menjadi "boomerang" atau penyebab dari suatu kegagalan Investasi. "Ketamakan berawal dari suatu keberhasilan, Kefrustasian berawal dari suatu kegagalan"
















Bagi saya "Mencetak Laba" lebih tepat jika saya sebut sebagai TUJUAN AKHIR dan kurang tepat jika disebut sebagai "tujuan utama". Kata UTAMA harus dikembalikan terlebih dahulu pada hakikat dasarnya yaitu, Yang DIUTAMAKAN/Yang DIDAHULUKAN maka bagi saya yang harus didahulukan/yang dipentingkan ialah: "MENJAGA MODAL" dengan selalu menjaga nilai Modal yang kita miliki maka kita masih memiliki "kesempatan/peluang" yang sama untuk mencetak laba.

Apakah itu(menjaga modal) saja sudah cukup untuk memudahkan kita mencapai "Tujuan Akhir/mencetak laba"? Tidak bagi saya, berikutnya ada satu tujuan lagi yang harus saya capai terlebih dulu setelah saya berhasil menjaga modal(tujuan utama) yaitu, mengembangkan modal(jangan pernah berpuas diri dengan apa yang telah saya capai) itulah tujuan berikutnya. Bertambahnya "modal dasar" bukan hanya sekedar pengharapan akan bertambahnya hasil laba yang mungkin bisa dihasilkan, namun yang lebih penting ialah bertambahnya "kesempatan/peluang" kita dalam upaya mencetak laba. Saya rasa cukup apa yang perlu saya sampaikan dalam kesempatan ini(sustain loss) mengenai TUJUAN UTAMA saya dalam ber-Investasi, bagi yang kurang sependapat dengan saya itu hak masing-masing, tapi setidaknya kita bisa mengambil makna dari pendapat orang lain.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar