Kata pembuka dari saya:

Blog ini saya buat dengan tujuan utama berbagi sedikit informasi akan dunia Investasi, tapi tentunya yang ada kaitannya dengan kegiatan saya dalam ber-Investasi, selamat menikmati dan semoga bermanfaat..........AMIEN.

Surabaya, 30 April 2011
PeaPeace

Sabtu, 30 April 2011

Obrolan PortareFolium "300411"

Sebelumnya izinkan saya mengucapkan SALAM KENAL bagi semuanya yang telah menyempatkan mengunjungi satu-satunya BLOG-saya ini.
Saya akan selalu mencoba menyempatkan menulis "Obrolan PF" setidaknya satu kali dalam sebulan, selain tentunya ada tulisan-tulisan harian dari saya. Pada kesempatan Obrolan kali ini saya akan coba mengupas arti dari kata "INVESTASI" tentunya dari sudut pandang saya yang hanyalah orang yang biasa-biasa saja, Biasa saja ilmunya, Biasa saja hidupnya, Biasa saja Tampangnya, Biasa saja rejekinya, dan segala macam hal BIASA yang mungkin bisa terpikirkan oleh anda. Semoga Bermanfaat........... Amien.

INVESTASI
Suatu usaha yang dilakukan manusia untuk mendapatkan KEUNTUNGAN(Profit) dikelak kemudian hari dengan cara merubah kekayaannya saat ini yang berupa uang kedalam bentuk lain seperti Asset (Emas, Tanah) ataupun Surat Berharga (Saham, Obligasi).














Adanya pengharapan dikelak kemudian hari akan adanya "Profit" inilah yang menjadikan perbedaan mendasar antara Investasi & Menabung. Dari titik ini munculah ide ataupun gagasan bahwa "Suatu Investasi bisa dikatakan berhasil jika Return/Profitnya diatas tingkat Inflasi dalam suatu jangka waktu Investasi tersebut", itu(mengalahkan/lebih tinggi dari tingkat inflasi) adalah hal yang yang tidak mungkin bisa dicapai dari kegiatan menabung.  

Pelaku Investasi (INVESTOR) tidak hanya tertutup bagi Individu, suatu Corporate ataupun Lembaga bisa menjadi Investor. Suatu Perusahaan yang sudah berjalan terkadang melakukan aksi investasi (beli tanah, beli gedung) yang tujuan utamanya adalah mendapatkan keuntungan tambahan bagi perusahaannya dikelak kemudian hari.

Satu hal yang amat saya "sayangkan" adalah Investasi selalu disertai dengan satu hal yang dinamai RESIKO(kerugian), makin besar Tingkat Keuntungan yang bisa dihasilkan maka makin besar pula kemungkinan Kerugian yang mungkin akan dialami Investor. Meskipun demikian adanya "Resiko" membantu calon Investor untuk memilih jenis/bentuk Investasi yang akan dilakukan. Berarti resiko/kerugian ada gunanya juga yach.......

Setelah melakukan "uji profil resiko" pada diri saya sendiri, saat ini saya memilih berinvestasi di dalam Pasar Modal (Indonesia) melalui instrumen Reksadana jenis Saham. 

Dalam tiap kali "Obrolan PF" yang mendekati akhir bulan saya akan mencoba berbagi sedikit pengalaman dari kegiatan Investasi saya pada bulan bersangkutan. 

April 2011........... Saya masih belum yakin benar bahwa Index(IHSG) kita akan mencapai level 4000 (bahkan mencapai target saya di 3890 saja saya masih belum yakin), mungkin juga dikarenakan bebeberapa kali kejadian "False Break" antara bulan Desember 2010 hingga Januari 2011 masih menghantui benak saya. Namun jika IHSG bisa menembus 3831,92 maka saya akan sedikit tenang (posisi IHSG 29/04/01 pada level 3819,62).

Pada musim kenaikan kali ini saya telah mencetak laba bersih(sudah direalisasikan) yang tidak terlalu besar (Rp 8.485.102,40), PLEASE jangan diketawain!!! maklum-lah modal saya juga ndak besar, dan masih meninggalkan laba kotor(belum direalisasikan) sebesar Rp 69.601,28. Laba tersebut (baik Kotor maupun Bersih) merupakan hasil Investasi saya pada tanggal 09 Maret 2011 (Pembelian Awal).
# Note: Saya memulai berinvestasi menggunakan RDS sejak 04 Juni 2010, dan saya tidak menggunakan Strategi DCA. Lain waktu saya akan "Posting" apa yang saya ketahui tentang Strategi DCA.
# Note: Sekilas tentang Strategi DCA telah diposting oleh penulis (baca: http://portarefolium.blogspot.com/2011/06/obrolan-portarefolium-020611.html )

Meskipun saya hanyalah orang biasa saya mengkategorikan diri saya sebagai INVESTOR karena saya melakukan tindakan Investasi, APAKAH anda juga seorang Investor? atau ada keinginan untuk memulai kegiatan Investasi? Mungkin anda bisa mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan memulai "Uji Profil Resiko" pada diri anda sendiri, seperti apa yang saya lakukan dulu.
# Note: Lain waktu saya juga akan "Posting" bentuk QUESTIONER Uji Profil Resiko yang dulu pernah saya lakukan.
# Note: bentuk QUESTIONER Uji Profil Resiko telah diposting oleh penulis (baca: http://portarefolium.blogspot.com/2011/05/obrolan-portarefolium-060511.html )
 
Saya rasa cukup Obrolan saya kali ini, kapan-kapan saya sambung lagi. Sekali lagi saya ucapkan SALAM KENAL dan Terima Kasih sebanyak-banyaknya. 
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar