Kata pembuka dari saya:

Blog ini saya buat dengan tujuan utama berbagi sedikit informasi akan dunia Investasi, tapi tentunya yang ada kaitannya dengan kegiatan saya dalam ber-Investasi, selamat menikmati dan semoga bermanfaat..........AMIEN.

Surabaya, 30 April 2011
PeaPeace

Senin, 23 Mei 2011

Jurnal Malam "230511"

Selamat Malam,

Hasil Investasi saya hari ini: Sustain Loss
 
Kekhawatiran saya sejak Jum'at minggu lalu akhirnya terjadi juga. Investor pasar modal melakukan "Panic Selling" (baca: http://portarefolium.blogspot.com/2011/05/jurnal-pagi-230511.html ). Repot juga kalo udah seperti ini kapan kita bisa jadi "leader" kalo kita selalu ikut-ikutan, yang sakit khan Eropa dan Yunani pada khususnya, sebatas pengetahuan saya sebagai orang awam yang ilmunya pas-pas-an hubungan ekonomi antara Indonesia dan Yunani sangat minim(kecuali skenarionya seperti ini Yunani-Eropa-Amerika-Jepang-Asia-Indonesia, hehehe....).
 
Maafkan kalo saya masih mengajak bercanda dalam situasi seperti ini, saya juga sama seperti anda dan mungkin banyak orang diluaran sana yang menderita kerugian pada hari ini(senasib), dalam kondisi seperti ini bukan masalah siapa PEMBERANI atau siapa PENAKUT. Tiap Investor pasti memiliki strategi masing-masing dan saya yakin dari kesemua strategi tadi tidak ada satupun yang jelek, satu-satunya yang JELEK adalah Investor yang tidak disiplin menjalankan strateginya sendiri.
 
Saya sendiri masih optimis bahwa IHSG dapat rebound tanpa saya perlu Temporary Cut Investasi saya di Pasar Modal. Apa dasar ke-optimisan saya? Saya telah menjalankan suatu simulasi(perhitungan) sederhana untuk mengetahui di level berapa kira-kira lampu Indikator Hijau terakhir saya akan padam dan berubah merah, dan ternyata letaknya sedikit dibawah level estimasi batas bawah trend kenaikan IHSG sejak lepas dari krisis 2008. Sejauh pengamatan saya IHSG terhitung sudah 3 kali selalu dapat rebound pada garis itu, yaitu pada Maret 2009, akhir Mei 2010, dan terakhir belum lama ini Maret 2011, nah titik rebound yang terakhir belum lama berlalu sehingga IHSG sendiri belum terlalu jauh(dekat) dengan batas bawah Trend tersebut sehingga besar kemungkinan lampu indikator saya baru bakal berubah merah jika IHSG telah mengakhiri TREND kenaikannya sejak 2 Tahun yang lalu. 
 
Semoga Jurnal Malam ini dapat menjawab pertanyan-2 atas apa pendapat saya tentang "Panic Selling" pada hari ini dari para pemerhati BLOG ini yang sudah dilayangkan kepada saya sejak tutup pasar tadi sore. Sekarang ganti saya yang mengajukan pertanyaan pada para pemerhati sekalian, Besar mana total profit anda selama ini berinvestasi di pasar modal dengan total kerugian anda? jika jawaban anda lebih besar kerugian daripada profit, apakah anda sudah mengetahui dimana kesalahan anda dan belajar dari kesalahan tersebut?   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar