Kata pembuka dari saya:

Blog ini saya buat dengan tujuan utama berbagi sedikit informasi akan dunia Investasi, tapi tentunya yang ada kaitannya dengan kegiatan saya dalam ber-Investasi, selamat menikmati dan semoga bermanfaat..........AMIEN.

Surabaya, 30 April 2011
PeaPeace

Senin, 15 Agustus 2011

Jurnal Harian "150811"

Selamat Pagi,

To The Point aja, hari ini saya akan melakukan penempatan investasi dalam bentuk Paper Asset dengan melakukan "major change" dalam Trading Style saya. Meski saya belum yakin benar apakah "result" dari style baru saya ini lebih baik (profitable) daripada Style sebelumnya namun tetap patut untuk dicoba.

Untuk penutupan Minggu lalu Jum'at 12/08/2011 Market Asia masih tampak berhati-hati (wait & see).

Lain halnya dengan kondisi Market Eropa, Bursa dikawasan tersebut naik cukup significant dalam kisaran 2%-5%. Apakah kebijakan beberapa Bursa Eropa untuk melarang aktifitas "short selling" yang menjadi penyebab IJO-nya kawasan tersebut? itu yang saya kurang tahu. Hari ini (Senin, 15/08/2011) adalah hari ke-2 pemberlakuan larangan tersebut, dari 15 hari yang direncanakan (berakhir 02/09/2011).

DJ untuk pertama kalinya tampak seakan-akan mengakhiri penurunannya, dan memiliki potensi kenaikan jangka pendek setidaknya sampai level 11.540 (mudah-mudahan kesampaian).

Emas telah menyentuh Batas Atas Trend kenaikan-nya pada tanggal 10/08/2011 dan tidak ada lagi yang berada diatasnya selain hamparan langit biru. Selepas tanggal tersebut harga Emas berangsur-angsur mengalami penurunan dan ditutup pada harga spot Rp 469.242,44/gram. Dalam Dasawarsa (2001-2011) terakhir fenomena seperti ini baru terjadi sebanyak 2 kali yaitu pada tahun 2009 dan saat ini, lihat grafik berikut ini (klik kanan dan open in a new tab untuk lihat lebih jelas):
 
 
Meski demikian saya tidak akan heran ataupun kaget jika nantinya fenomena semacam ini akan lebih sering muncul untuk masa kedepan. Bagi rekan-rekan yang sudah terlanjur keburu "nubruk" Emas dan mendapatkan harga perolehan yang cukup dekat dengan PUNCAK jangan terlalu berkecil hati, prospek investasi dalam wujud Emas untuk jangka menengah maupun panjang masih tak terbantahkan dari masa ke masa.
 
IHSG sendiri sebenarnya sudah tampak mengakhiri penurunannya sejak tanggal 10/08/2011 tapi baru hari ini saya berani melakukan penempatan. Potensi kenaikan IHSG yang bisa terbaca oleh saya pada saat ini setidaknya hingga level 4.027.
 
Oke, komposisi Portofolio saya pagi ini juga sudah siap. Saatnya berdoa semoga saya bisa dapat Portofolio saya di harga yang baik pada hari ini (Harga terbaik bagi saya: ada dibawah level 3.915 IHSG).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar