Kata pembuka dari saya:

Blog ini saya buat dengan tujuan utama berbagi sedikit informasi akan dunia Investasi, tapi tentunya yang ada kaitannya dengan kegiatan saya dalam ber-Investasi, selamat menikmati dan semoga bermanfaat..........AMIEN.

Surabaya, 30 April 2011
PeaPeace

Kamis, 22 September 2011

Jurnal Harian "220911"

Selamat Pagi,

Bursa-bursa Kawasan Asia sudah dua hari ditutup Mixed dan tampak berhati-hati.

Bursa-bursa kawasan Eropa 21/09/2011 kembali turun 1%-2% setelah kemarin lusa sempat naik dengan besaran yang sama, berati kesimpulannya dalam 2 hari ini sama aja sama kawasan Asia (Mixed).

Rapat "The Fed" (20&21/09/2011) sudah bubar dengan keputusan akhir TIDAK ADA STIMULUS MONETER, QE3, atau apapun nama lainnya. Sekarang kita tinggal melihat reaksi Pasar Modal Global menyikapi keputusan tersebut. Efek yang bisa terbaca oleh saya saat ini ialah nilai tukar US Dollar terhadap mata uang lain akan menguat.

Karena pengumuman hasil rapat "The Fed" tersebut sekitar jam 02.30 dini hari waktu Indonesia maka Pasar Modal pertama yang bereaksi terhadap keputusan tersebut tentu saja Pasar Modal Amerika Serikat. DJI 21/09/2011 ditutup turun cukup tajam meski masih jauh dari "bottom"-nya dan berhenti di level 11.124 (-2,49%). Benarkan "candle" DJI yang mirip bintang jatuh kemarin punya arti?

Penguatan US Dollar sudah pasti menghadang laju kenaikan harga Spot Emas, namun perlu diingat jika Dollar menguat Rupiah melemah, jadi jangan harap harga Emas fisik di negara kita akan turun banyak, karena basic harga emas sebenarnya adalah US Dollar dan bukan Rupiah. Bisa bertahan "sideway" aja udah bagus. Harga Spot Emas dalam rupiah untuk saat masih bergerak mendatar (Sideway) dan sampai jurnal ini ditulis berada pada level Rp 513.000/gram atau naik cuma Rp 1.000/gram dari harga kemarin.

Lain DJI lain pula IHSG, Salah satu Indeks Acuan Pasar Modal Indonesia ini kemarin untuk kesekian kalinya "dihajar"  aksi jual pihak asing dan turun ke level 3.697 (-1,5%). Foreign Fund tercatat melakukan "net sell" sebesar Rp 586,06 M. Bisa jadi hari ini toko saya melakukan "cuci gudang" dan tutup sementara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar