Kata pembuka dari saya:

Blog ini saya buat dengan tujuan utama berbagi sedikit informasi akan dunia Investasi, tapi tentunya yang ada kaitannya dengan kegiatan saya dalam ber-Investasi, selamat menikmati dan semoga bermanfaat..........AMIEN.

Surabaya, 30 April 2011
PeaPeace

Rabu, 02 November 2011

Jurnal Harian "021111"

Selamat Pagi,

Upaya penyelamatan Yunani dari kondisi "default" atas hutangnya sia-sia? Kita serahkan saja sama rakyat Yunani sendiri. Pasar Modal secara Global akan membentuk "new low"? ah masa sih......

Untuk Pasar Modal kita sendiri, penembusan level 3.744 pada tanggal 27 Oktober 2011 berarti sekali bagi saya. Karena secara teknikal Trend untuk jangka menengah bahkan mungkin jangka panjang sudah berubah menjadi NAIK. Penurunan yang terjadi 2 hari kemarin merupakan hal yang wajar mengingat Pasar yang berada dalam kondisi jenuh beli dan sekedar konfirmasi bahwa wave 1 sudah terbentuk.

Harga Spot Emas/gram dalam Rupiah juga masih cukup jauh diatas Support Rp 480.000/gram. Nggak usah terlalu panik-lah.

Dimana "bottom" IHSG pada penurunan kali ini? berikut grafik-nya (klik kanan, open in a new tab untuk lihat lebih jelas):


Saya memiliki 2 skenario pembentukan wave 2, yang pertama berada dikisaran 3.638 dan yang kedua dikisaran 3.506. Saat Jurnal ini ditulis Index kita berada dikisaran level 3.660-3.670 dan godaan untuk melakukan "average" cukup menarik. Tapi biari aja dech kalo "discount" cuma segitu mending "hold" aja. Akan tetapi jika level 3.638 jebol, langkah "average" sangat menarik untuk dilakukan, tentunya didekat level 3.506.

Terus jika suatu saat nanti Level 3.506 ternyata jebol juga gimana? Kalo secara ilmu teknikal yang saya miliki, itu sih "nggak ada ceritanya", hehehe....... Saya sudah berusaha sebaik mungkin tapi Tuhan juga yang menentukan Rezeki seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar