Kata pembuka dari saya:

Blog ini saya buat dengan tujuan utama berbagi sedikit informasi akan dunia Investasi, tapi tentunya yang ada kaitannya dengan kegiatan saya dalam ber-Investasi, selamat menikmati dan semoga bermanfaat..........AMIEN.

Surabaya, 30 April 2011
PeaPeace

Kamis, 10 November 2011

Jurnal Harian "101111"

Selamat Pagi,

Sebelum saya mulai Jurnal kali ini, ada baiknya pembaca membaca terlebih dahulu Jurnal Saya sebelumnya (baca: http://portarefolium.blogspot.com/2011/11/jurnal-harian-081111.html ).

Sesuai dengan "Trading Plan" saya pada Jurnal sebelumnya saya melakukan "Profit Taking" jika IHSG bergerak mendekati level 3.849. Kemarin (09/11/11) IHSG berhasil ditutup di level 3.857, dan seluruh dagangan Saya ludes terjual. Kondisi saya sekarang "Full Cash".

Bursa-bursa Eropa dan US kemarin pada RONTOK, untuk kawasan Eropa rata-rata penurunannya sekitar 1%-3%, dan angka Index untuk Pasar US (DJI) dini hari tadi turun 3,2%. Sentimen negatifnya sich Serem abis.... Setelah Yunani sekarang ganti Italia yang dikhawatirkan gagal bayar hutang. Gimana nggak serem Negara yang satu ini perekonomiannya berkali-kali lipat lebih besar daripada Yunani, kalo krisis hutang Yunani aja bikin Pasar Modal Global "panas-dingin"/"sakit-sakitan" apalagi jika yang bermasalah adalah negara "sekelas" Italia, Pasar Modal bisa "jatuh pingsan" (Italy is to BIG to be FAIL).

Harga Spot Emas juga berhenti melanjutkan Rally kenaikannya, harga Spot emas dalam rupiah turun sedikit ke Rp 509.000/gram setelah sempat menyentuh Rp 515.500/gram hari sebelumnya.

Apa langkah saya berikutnya? Chart saya pada Jurnal sebelumnya tetap menjadi patokan saya, cuma sedikit saya UPDATE untuk menyesuaikan dengan situasi kondisi terkini (termasuk kondisi saya yang sedang FULL CASH), klik kanan dan "open in a new tab untuk lihat lebih jelas":


Kalau melihat posisi penutupan Eropa dan US "plus" pembukaan Bursa-bursa kawasan Asia tampaknya kok terlalu "muluk" jika saya bakalan mengambil langkah "Buy Back" (beli kembali).

Namun jika angka Index kita IHSG berada dalam kisaran 3.638-3.744 langkah "belanja" menarik untuk dilakukan.

Posisi Cut Loss-nya dimana? sesuai Jurnal saya sebelumnya Sebelum "moment" 2.b level Cut Loss saya di 3.638

Semoga Analisa Teknikal saya diatas sekali lagi dapat bermanfaat bagi kita semua, Amien....... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar