Kata pembuka dari saya:

Blog ini saya buat dengan tujuan utama berbagi sedikit informasi akan dunia Investasi, tapi tentunya yang ada kaitannya dengan kegiatan saya dalam ber-Investasi, selamat menikmati dan semoga bermanfaat..........AMIEN.

Surabaya, 30 April 2011
PeaPeace

Jumat, 04 November 2011

Jurnal Harian "041111"

Selamat Siang,

Capek rasanya jika kita trading ataupun berinvestasi di Pasar Modal pake "Penilaian Sentimen", contohnya dalam minggu ini Sentimen Positif maupun Negatif datang silih berganti tiap harinya, mulai dari hasil akhir KTT Eropa yang kurang memuaskan dimata Investor, Rencana Referendum di Yunani, Spekulasi adanya langkah semacam QE3, hingga akhirnya pembatalan Rencana Referendum di Yunani.

Bagi saya pribadi "penilaian sentimen" jadi bumbu pelengkap saja, misalnya jika kita masak suatu menu masakan (contoh: bakso) "penilaian sentimen" anggap sebagai bumbu "penyedap rasa", pakai atau tidak "penyedap rasa" kedalam mangkuk bakso saya orang pasti tetap bilang bahwa masakan yang saya masak adalah bakso setelah mencicipi-nya.

Saya sebisa mungkin bergerak berdasarkan pendekatan TA ditambah sedikit pendekatan FA. Memang kesannya Teknikal Analisis (TA) identik dengan Trader maupun Investor yang malas, tapi jika digunakan dengan semaksimal mungkin Teknikal Analisis tetap merupakan "Powerfull Tools" bagi seorang Trader maupun Investor, karena pada dasarnya Chart/Grafik merefleksikan perilaku para pelaku pasar sesungguhnya (alias gak mungkin bohong) dan segudang informasi yang saya butuhkan ada didalamnya.

Oke kembali ke aktivitas Investasi saya, Harga Spot Emas naik cukup fantastis 2 hari belakangan ini, dan belum saatnya bagi saya untuk mengurangi jumlah emas fisik dari portofolio saya. Apakah spekulasi atas munculnya QE3 akhir minggu ini yang menjadi penyebabnya? saya kurang tahu pasti.

Untuk index acuan Pasar Modal Indonesia (IHSG, pembentukan level terendahnya pada tanggal 02/11/2011 di level 3.624 bagi saya bukan merupakan konfirmasi terbentuknya Wave 2 dengan demikian maka pencapaian level 3.829 pada tanggal 28/10/2011 bisa jadi belum merupakan akhir dari wave 1 (masih bisa berlanjut). 

Yang pasti............ meski 3.829 bukanlah akhir dari wave 1, saya mau profit taking dulu dikisaran level tersebut, kalo level 3.849 ditembus baru saya akan belanja lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar