Kata pembuka dari saya:

Blog ini saya buat dengan tujuan utama berbagi sedikit informasi akan dunia Investasi, tapi tentunya yang ada kaitannya dengan kegiatan saya dalam ber-Investasi, selamat menikmati dan semoga bermanfaat..........AMIEN.

Surabaya, 30 April 2011
PeaPeace

Rabu, 16 November 2011

Jurnal Harian "161111"

Selamat Siang,

Kemarin lusa saya membaca sebuah analisa teknikal dari salah satu Blog Analis, disitu dia menyebutkan bahwa Index kita (IHSG) membentuk suatu pola Head & Shouder (H&S), seperti apa yang tampak pada Chart yang telah saya buat berikut ini (klik kanan open in a new tab, untuk lihat lebih jelas):


Tapi satu hal yang jadi pedoman saya, bahwa selain berinvestasi dalam jangka panjang (Long Term) saya juga menggunakan Pasar Modal untuk berinvestasi dalam Jangka pendek (Short Term), dan saya telah memisahkan porsi Investasi Jangka Panjang saya dan mana porsi Investasi Jangka Pendek saya.

Dengan demikian maka kita akan lihat "permasalahan" H&S tadi dari 2 sudut pandang, saya sebagai Long Term Investor dan saya sebagai Short Term Investor. Dari sudut pandang "Long Term" sudah tentu hal tersebut bukanlah hal yang perlu ditakutkan (doesn't scare me off). Kalaupun kita memasuki  krisis global sekali lagi, perekonomian (Pasar) pasti akan menemukan jalannya untuk kembali dan akan terus naik. Mungkin bukan tahun depan, ataupun 2 tahun lagi, tapi suatu saat nanti kita pasti bisa memetik hasilnya.

Bagaimana jika dilihat dari sudut pandang Short Term Investor, ini justru kesempatan untuk "belanja" yang baik, lho kok bisa.....? Pertama..... pembentukan H&S khan cuma ANALISA bisa terjadi-bisa saja tidak, analisa khan dibikin ama manusia dan manusia itu "tempatnya salah". Kedua.......... Stop Loss Area saat ini sudah dekat (mendekati moment 2.b, baca juga: http://portarefolium.blogspot.com/2011/11/jurnal-harian-101111.html ) sehingga jika memang diperlukan saya tidak perlu ragu-ragu/terlalu lama memutuskan untuk mengambil langkah "CutLoss".

Hari ini saya isi sedikit stock dagangan saya, besok jika level 3.744 IHSG masih bisa bertahan saya akan nambah lagi. Tapi kalo level tersebut jebol saya mau bersih-bersih. Akan tetapi jika besok naik saya akan coba lepas stock dagangan yang sedikit itu diharga yang menguntungkan, Amien....... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar