Kata pembuka dari saya:

Blog ini saya buat dengan tujuan utama berbagi sedikit informasi akan dunia Investasi, tapi tentunya yang ada kaitannya dengan kegiatan saya dalam ber-Investasi, selamat menikmati dan semoga bermanfaat..........AMIEN.

Surabaya, 30 April 2011
PeaPeace

Jumat, 14 Oktober 2011

Jurnal Harian "141011"

Selamat Siang,

Gemes juga kalo dengar komentar orang yang bilang, "Pasar Modal kita bukan dalam kondisi bearish dan cuma mengalami koreksi sementara". Orang-orang seperti ini perlu diwaspadai, murni nggak bisa baca chart? apa niat jualan "barang" dia yang masih "nyangkut"?

Perhatikat gambar chart IHSG dibawah ini (klik kanan, "open in a new tab" untuk lihat lebih jelas):
  1. Pasar Modal kita memasuki masa "Bearish" sejak 09/08/2011 saat batas bawah Trend kenaikan pasca krisis 2008 dijebol untuk pertama kalinya, dan membentuk wave 1.
  2. Setelah level 3744 dijebol dan chart IHSG menuju wave 3 maka saya sudah merubah strategi menjadi bertahan dengan counter attack.
  3. Satu-satunya Counter Attack yang saya lakukan adalah 27/09/11 dan berhasil mencetak "Gol" (Profit), karena exit tepat sebelum Chart membentuk bottom wave 3.
Saya akui saya "ketinggalan kereta" dan tidak melakukan Counter Attack saat IHSG menuju wave 4, tapi kalo IHSG dikasih kenaikan dari level 3295 ke kisaran 3744 dalam waktu 7 hari lalu banyak menemui orang-orang "Plin-Plan" yang ngomong kita bukan dalam kondisi "Bearish" ya udah pasti gemes.

Bukannya saya doa-in Pasar Modal kita jatuh lagi dan membentuk wave 5 gara-gara saya nggak pegang barang karena "ketinggalan kereta", toh kalaupun level 3744 berhasil ditembus dan IHSG menuju wave A saya masih bisa mulai belanja dan berkesempatan menarik untung untuk kedepannya. Tapi Statement plin-plan mereka yang ngomong kita bukan kondisi Bearish yang saya sesalkan.

Berikut beberapa kondisi TA yang bisa membatalkan kondisi Bearish ini versi saya tentunya:
  1. Level 3744 ditembus dan chart bergerak terus keatas membentuk wave A
  2. Garis SMA 5 "golden cross" dengan Garis SMA 35 atau lebih 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar