Kata pembuka dari saya:

Blog ini saya buat dengan tujuan utama berbagi sedikit informasi akan dunia Investasi, tapi tentunya yang ada kaitannya dengan kegiatan saya dalam ber-Investasi, selamat menikmati dan semoga bermanfaat..........AMIEN.

Surabaya, 30 April 2011
PeaPeace

Selasa, 28 Februari 2012

Jurnal Harian "280212"

Selamat Sore,

DITUTUP NAEK 1% lebih, tapi masih GEMETERAN. Betul!! kondisi saya saat ini sedang pegang dagangan, kemarin 27/02/12 saya belanja dikit dan hari ini IHSG berhasil naik 1,1%. Sengaja kemarin saya tidak posting Jurnal yang berisi rencana saya untuk mulai belanja, karena terus terang kemarin saya masih ragu (bahkan sampai sekarang, hehehe....). Internet bagi saya adalah suatu media informasi yang sangat terbuka maka saya selalu sehati-hati mungkin dalam seluruh tulisan saya (gak mau banyak orang mengalami kerugian gara-gara "kemakan" tulisan saya). Meskipun pada dasarnya saya menulis BLOG ini untuk bahan pembelajaran bagi saya sendiri sekaligus sarana bagi saya untuk mengendalikan FEAR & GREED. Maka dari itu jika ada "langkah" yang masih ber-bau 50:50 saya tidak akan menulis/menuangkan secara on-time, tetapi tetap akan saya tulis setelah-nya, untuk bahan pembelajaran saya pribadi.

Oke..... kembali kepada langkah belanja yang saya lakukan kemarin. Hal-hal apa saja yang membuat langkah tersebut masuk dalam kategori 50:50, hingga membuatnya tidak layak ditulis/dituangkan dalam Jurnal secara on-time? sebelumnya akan saya tampilkan Chart saya berikut ini (klik kanan, "open in a new tab" untuk lihat lebih jelas)


Hal-hal yang membuat saya masih sangat ragu untuk belanja sebenarnya hampir seluruhnya hanya berdasarkan sentimen sedangkan hal-hal yang membuat saya "berani" untuk belanja murni atas dasar ilmu teknikal analisa saya yang masih SANGAT-SANGAT dangkal dan sederhana.

Hal-hal negatif antara lain:
  1. Harga Minyak dunia terus naik.
  2. Adanya rumor/rencana kenaikan harga BBM oleh pemerintah.
  3. Parlemen Jerman mengadakan voting untuk menyetujui atau tidak rencana kanselir Jerman untuk mengucurkan bantuan ke Yunani.
  4. Seperti biasa..... masih banyak ketidak-pastian dalam langkah-langkah yang diambil oleh negara Uni Eropa dalam upayanya menyelesaikan krisis di kawasan tersebut.
Hal-hal positif  antara lain:
  1. IHSG berhenti tepat di posisi Wave 4, jika terus bergerak turun maka saya cukup menerapkan Posisi StopLoss seketat mungkin (saya memutuskan penggunaan level 3.810, lihat grafik) karena jika wave 4 batal maka Indeks akan memiliki kecenderungan menuju Wave A.
  2. Harga-harga sudah turun cukup banyak, setidaknya jika berhasil rebound maka cukup memiliki tenaga untuk menghantarkan Indeks (IHSG) untuk kembali ke level 4.000-an
  3. Porsi saham didalam Portofolio Investasi saya masih belum berubah sejak tahun lalu, yaitu antara 0% hingga 15%, nilai % yang terbilang kecil jika dibandingkan dengan jumlah emas fisik yang mengisi 40% Portofolio saya. Harapan saya sih resiko kerugian yang mungkin saja timbul dari pilihan "belanja saham" kemarin dapat di cover oleh kenaikan harga Emas yang kebetulan naik belakangan ini.
Saya kira cukup sekian Jurnal kali ini, SUKSES SELALU!! Amienn....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar